>

Wednesday 7 January 2015

Manfaat Menganalisa Getaran Menggunakan Vibration Analyzer


Hai sobat suksesor ^^ kali ini saya akan menjelaskan tentang keguanaan menganalisa getaran pada mesin menggunakan Vibration Analyzer. Cekidot

Getaran  berlebihan pada mesin sobat tentu akan berakibat ketidakstabilan pada mesin dan membuat mesin menjadi cepat haus. Kehausan mesin ini sering terjadi dalam jangka waktu yan cepat padahal perbaikan mesin selalu mengganti spare part lama dengan spare part baru.

Pertanyaannya adalah mengapa getaran-getaran yang memberikan peringatan bahwa mesin dalam keadaan haus ini selalu menghampiri mesin, padahal spare part selalu diganti baru jika mesin terssebut mengalami problem?

Begini nih, mesin adalah serangkaian komponen yang salin berkaitan satu dengan lainnya. Kalau satu komponen mengalami kerusakan atau kehausan, tidak menutup kemungkinan untuk komponen mesin lainnya menerima dampak negatif dari komponen yang mengalami kerusakan tersebut.

Misalnya: satu poros kopling yang bertumpu pada komponen penyanggah poros sedangkan posisi poros mengalami kesalahan penempatan sehingga seiring berjalannya waktu, poros tsb akan mengalami kehausan pada mesin dan akan merambat ke komponen-komponen lainnya.

Oleh karena itu, dalam merawat mesin sobat, sobat perlu menggunakan condition montoring dan pengendalian serta pengujain atau analisa getaran yang biasa kita sebut Vibration Analyzer.

Perawatan mesin sangat diperlukan untuk menjaga keamanan kinerja mesin demi kenyamanan para pekerja dan untuk menjaga kestabilan mesin agar terkendali, sangat diperlukan proses analisa getaran. Kondisi ketidaksinambungan serta meliputi parameter operasi suatu mesin dapat berdampak kepada aspek-aspek lainnya seperti terjadi perubahan beban, perubahan kecepatan kerja, perubahan tekanan operasi, atau perubahan temperatur operasi apapun yang dapat menyebabkan perubahan kondisi getaran.

Analisa getaran juga membantu untuk mengetahui struktur mesin, apakah masih dalam kondisi stabil, sesuai dengan standar atau sebaliknya. Jadi para pengelola industri seperti sobat dapat mengambil tindakan untuk menghindari kerugian yang disebabkan getaran-getaran mesin yang pada umumnya dianggap bukan masalah serius.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment